Sunday, July 21, 2019

Kenali Ciri Ciri Kecemasan Berlebihan

Bagaimana cara mengenali ciri-ciri kecemasan berlebihan? sebelum kita menjawab pertanyaan tersebut, mari kita kenali terlebih dahulu apa itu cemas dan apa itu kecemasan berlebihan. Secara normal, cemas adalah respon tubuh terhadap ancaman dari lingkungan luar. Saat kita merasa terancam oleh kondisi bahaya, otak mengirimkan perintah kepada tubuh untuk mengeluarkan sebuah senyawa bernama adrenalin. Adrenalin menimbulkan perasaan waspada dan memberikan kekuatan bagi tubuh untuk melakukan respon fight (serang) or flight (lari).

Kecemasan atau Rasa Cemas adalah respon terhadap situasi tertentu yang mengancam, dan merupakan hal yang normal terjadi menyertai perkembangan, perubahan, pengalaman baru atau yang belum pernah dilakukan, serta dalam menemukan identitas diri dan arti hidup. Kecemasan adalah reaksi yang dapat dialami siapapun. Namun cemas yang berlebihan, apalagi yang sudah menjadi gangguan akan menghambat fungsi seseorang dalam kehidupannya.



Gangguan Kecemasan Berlebihan adalah istilah yang mencakup beberapa bentuk ketakutan dan kecemasan patologis dan abnormal, yang masuk pada bidang psikiatri pada akhir abad ke-19. Gelder, Mayou & Geddes menjelaskan bahwa gangguan kecemasan dibagi menjadi dua grup: bergejala terus-menerus dan bergejala berepisode.

Diagnosa psikiatris masa kini mengenal berbagai variasi gangguan kecemasan berlebihan. Penelitian menemukan bahwa 18% penduduk Amerika Serikat menderita satu atau lebih gangguan ini, untuk anda yang tinggal di kota besar seharusnya sudah harus tahu cara menghilangkan cemas yang efektif.

Gangguan kecemasan berlebihan dibagi menjadi kecemasan umum, fobia, dan gangguan kepanikan, dengan masing-masing memiliki karakteristik dan gejala yang berbeda, yang membutuhkan perawatan berbeda. Penderita menunjukkan kecemasan yang berlangsung selama hampir setiap hari untuk beberapa minggu sampai beberapa bulan, dan tidak hanya terjadi pada situasi khusus tertentu

Gejala mencakup hal-hal seperti:

  • Kecemasan (khawatir akan bernasib sial, sulit konsentrasi)
  • Ketegangan motorik (gelisah, sakit kepala, tidak dapat santai, gemetaran)
  • Sistem saraf tak sadar terlalu aktif (berkeringat, jantung berdebar-debar, nyeri lambung, nyeri kepala, mulut kering)
  • Jika terjadi pada anak, penderita akan cenderung rewel secara berlebihan.
Selain ciri-ciri gejala diatas, kecemsan berlebihan juga bisa dilihat dari ciri-ciri gejala seperti dibawah ini: 

  • Gejala fisik dari kecemasan yaitu : kegelisahan, anggota tubuh bergetar, banyak berkeringat, sulit bernafas, jantung berdetak kencang, merasa lemas, panas dingin, mudah marah atau tersinggung.
  • Gejala behavioral dari kecemasan yaitu : berperilaku menghindar, terguncang, melekat dan dependen.
  • Gejala kognitif dari kecemasan yaitu : khawatir tentang sesuatu, perasaan terganggu akan ketakutan terhadap sesuatu yang terjadi dimasa depan, keyakinan bahwa sesuatu yang menakutkan akan segera terjadi, ketakutan akan ketidakmampuan untuk mengatasi masalah, pikiran terasa bercampur aduk atau kebingungan, sulit berkonsentrasi.
Setelah mengenali ciri-ciri Kecemasan berlebihan, maka anda bisa lebih preventif dan melakukan upaya pencegahan dini sehingga tidak terlanjur mengalami gangguan kecemasan berlebihan.



Incoming search terms:

  1. ciri kecemasan berlebihan
  2. psikologi cemas berlebihan
  3. cemas berlebihan terhadap penyakit
  4. cemas berlebihan takut mati
  5. efek cemas berlebih pada tubuh
  6. gangguan kecemasan dalam psikologi
  7. kecemasan berlebihan disebut
  8. cara mengatasi kecemasan menurut para ahli

No comments:

Post a Comment